Breaking

Monday, January 16, 2023

Ukuran Frame Foto Polaroid serta Biaya Cetak

Jaman sekarang dengan modal HP laptop dan printer, kita sudah bisa mencetak pas foto sendiri.

Cukup di foto pake HP atau smartphone, edit sedikit atau langsung print atau cetak sendiri.

Lagi nge-trend tampilan exist foto (photo) cetak desain ukuran polaroid. Berapa sih sebenarnya ukuran detil (detail) foto atau gaya Frame Polaroid? Bagaimana Mengubah Mengecilkan atau Membesarkan Ukuran Foto Untuk Dicetak Pas Foto 2x3 3x4, 4x6. dan Ukuran (Size) Photo Polaroid.






Polaroid Photo Size atau Ukuran Foto Polaroid yang biasa digunakan standar detailnya adalah 7,7 cm x 9,3 cm.

Walaupun sebenarnya di dalam mesin cetak Laboratorium photo sendiri sekarang ini, tidak tersedia lagi ukuran  Polaroid ini, kecuali di Camera Polaroid instax Polaroid Camera.

Tapi bisa setting sendiri di komputer dengan menyesuaikan foto separuh ukuran 3R (12,7 x 8,9) dan dipotong kemudian.
  • Best Polaroid Camera Review & Price
  • Polaroid Instax Film Snap Photo Mini
  • Fujifilm Polaroid Paper
  • Kamera Polaroid & Printer
  • Amazon Polaroid 600
  • Instax Polaroid Camera, 
  • Polaroid TV, Fujifilm Instax 
Tapi tidak ada salahnya dan tidak ada yang melarang, jika untuk berkreasi dan dicetak sendiri. Ukuran tidak harus sama persis. Walaupun cuma sekedar mengambil gaya, bentuk dan ukuran boleh beda, baik size ukuran besar kecilnya photo, atau gaya tegak dan miringnya photo.

Misal photo ukursan size 10R biasa bila dicetak di kertas 10R+ Photo ukuran 10R di cetak di kertas poto A4, hasilnya bisa menyerupai gaya style photo polaroid.

Ukuran Polaroid Photo, Postcard dan Ukuran Cetak Pas Foto


Ukuran boleh beda, model bentuk yang sama = polaroid. Jadi bisa cetak ukuran besar atau kecil, sesuai yang diinginkan.

Ukuran Foto Postcard / Postcard Size & Template Design


Ukuran Foto postcard Size & Template Design memiliki standarnya tersendiri dan dapat dipilih oleh para pecinta postcard, dan postcard biasanya lebih dikenal dengan nama kartu pos yang berupa kartu dan dikirim melalui pos.

Pada postcard biasanya terisi pesan singkat yang sengaja dikirim oleh pengirimnya dan biasanya dibuat pada acara-acara spesial atau momen spesial yang memerlukan kartu pos sebagai media untuk menyampaikan pesan.

Kartu pos ini memiliki ukuran yang standar, yaitu sekitar 4 x 6 inci dan ukuran ini membuat postcard menjadi berbentuk persegi panjang yang sederhana dan biasanya kita banyak menjumpai kartu pos di pasaran yang dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan pesan atau ucapan.

Di negara Amerika, terdapat aturan bahwa jika seseorang melakukan pengiriman kartu pos dengan ukuran yang tidak sesuai seperti ukuran standarnya, maka ditetapkan bahwa pengirim tersebut akan mendapatkan charge yang berupa tambahan khusus dengan nilai yang telah disesuaikan dengan ukuran kartu pos yang dikirimnya, dan aturan ini dimiliki oleh perusahaan pos milik pemerintah Amerika.

Kebanyakan masyarakatnya mengirim kartu pos yang ukurannya memang tidak sesuai dengan ukuran standar kartu pos yang telah ditetapkan oleh perusahaan pos pemerintah. Akan tetapi, hal itu menjadi bukti bahwa kebanyakan masyarakat lebih suka mengirim dengan ukuran postcard size & Template Design yang tidak sesuai standar, begitupun pembuat kartu pos yang banyak membuat kartu pos dengan ukuran berbeda.


Pembuatan kartu pos yang tidak sesuai dengan ukuran standarnya dilakukan dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah keunikan produk kartu pos dan juga selera konsumen yang lebih banyak menyukai kartu pos yang dibuat dengan tidak mengikuti ukuran foto postcard design yang standar. Selain itu, alasan ke eksklusifan produk pun menjadi faktor yang mendorong pembuatan kartu pos tanpa mengikuti ukuran standarnya.

Sebagai salah satu contoh ukuran kartu pos yang dibuat dan berbeda dengan ukuran standarnya adalah kartu pos dengan ukuran 4,3 inci x 6 inci. Untuk negara Indonesia, kartu pos biasanya dibuat dengan menggunakan gambar-gambar yang berbau Indonesia.

Ukuran Cetak Pas Foto (Pas Photo) 


di aplikasi Adobe photoshop sebenarnya secara default telah ada. Begitu pula di dalam dunia cetak mencetak foto dikenal berbagai jenis dan macam-macam ukuran foto (ukuran kertas) juga. Namun demikian di dalam prakteknya ukuran foto standar antara laboratorium foto yang satu dengan lainnya adalah berbeda-beda. Mereka mempunyai ukuran standar foto sendiri sendiri. Coba buktikan hal ini di kota anda ....


Berbagai macam ukuran foto pada tulisan kali ini adalah ukuran standar foto yang biasa saya pakai sehari-hari, yang merupakan ukuran foto standar di salah satu laboratorium foto terbesar di kotaku. Panduan jenis-jenis ukuran foto ini dapat kita pakai untuk mencetak/mengeprint foto sendiri di rumah.

Berapa sih panjang dan lebarnya ukuran foto 2x3 dalam cm? 3x4, 4x6, 2r, 3r, 4r, 5r, 6r, 10r, 11r, 12r, 16r, 22w, 24r, 30r,? ukuran terbesar? yang terkecil? Ukuran postcard (kartu pos) yang sebenarnya itu? Macam apa sebenarnya berbagai jenis-jenis ukuran cetak foto yang ada di negara tercinta Indonesia ini ? Inilah jawabannya : daftar macam macam ukuran foto selengkapnya...

Ukuran 2x3 Lab foto tertentu
2,2  x   3,0 cm 
Ukuran 2x3 Ukuran foto KTP 2   x   2,7 cm 
Ukuran 3x4 Ukuran foto Ijazah 2,8   x   3,8 cm
Ukuran 4x6 Ukuran foto SKCK 3,8    x    5,6 cm
Ukuran 2R 2     x   3,5  inci 5,6  x  8,9 cm
Ukuran 3R  3,5     x    5   inci 8,9  x  12,7 cm
Ukuran 4R 4      x    6   inci 10,2  x  15,2 cm
Ukuran 5R 5      x    7  inci 12,7   x   17,8 cm
Ukuran 6R  6      x     8  inci  15,2   x   20,3 cm
Ukuran 8R 8      x   10  inci 20,3   x   25,4 cm
Ukuran 8R Jbo 8     x    12  inci 20,3   x   30,5 cm
Ukuran 11R 11    x    14  inci 28     x   35 cm
Ukuran 12R  12    x    15 inci 30     x   40 cm
Ukuran 12R Jbo 12    x    18 inci 30     x   45 cm
Ukuran 16R 16    x     20 inci 40    x    50 cm
Ukuran 20R 20    x    24 inci 50    x    60 cm
Ukuran 22R 20    x    29,5 inci 50    x    75 cm
Ukuran 24R 24    x    31,5 inci 60    x    90 cm
Ukuran 30R 30    x     40  inci 75    x  100 cm
Ukuran A4 8,268    x    11,693  inci 21    x  29,7 cm
Ukuran A3 11,693    x    16,535  inci 29,7  x   42 cm
Ukuran B5 6.929   x   9.843 inci 17.6  x  25 cm
Ukuran B4 9.843   x   13.898 inci 25   x   35,3 cm
Ukuran B3 13.898  x   19.685 inci 35,3  x   50 cm

  • Ukuran 2R = ukuran 6x9
  • Ukuran 3R = Ukuran kartu pos/postcard
  • Ukuran 8R = 10R (Bahasa sehari-hari)
  • Ukuran dompet = 7.5 x 5,6 cm
  • Jbo adalah Jumbo
Angka-angka  dalam satuan  cm adalah angka konversi dari inchi dan merupakan angka pembulatan.  Jadi yang lebih  tepat  adalah angka yang memakai satuan inchi. Silahkan di setting di program yang kita pakai. Saya biasanya memakai Adobe photoshop. Yang mau mengoreksi atau menambahkan silakan saja ya!!!


Ada juga yang menggunakan versi atau variasi lainnya. Terserah saja. Sebenarnya ukuran foto jadul itu sebenarnya tidak ada lagi di mesin cetak jaman skarang. kecuali di kamera polaroid sendiri. Tapi trend  gaya ini tidak terlalu ketinggalan jaman. malah jadi bagus dan unik.

Search Term:
ukuran frame polaroid, ukuran hasil foto polaroid, cara membuat foto polaroid di picsart, membuat bingkai polaroid di photoshop, polaroid print size, ukuran kertas polaroid 25s, polaroid size cm, ukuran foto polaroid landscape, cetak foto polaroid, kamera langsung cetak, cara cetak foto polaroid, kamera langsung cetak foto, cara cetak foto polaroid, kamera langsung cetak foto, ukuran foto polaroid, foto polaroid, ukuran kertas polaroid, ukuran kertas foto polaroid, ukuran foto polaroid, foto polaroid, Cara membuat ukuran foto di photoshop, Cara membuat bingkai foto, Cara membuat foto hitam putih menjadi berwarna, Cara crop foto di photoshop, Print foto dengan photoshop, macam-macam ukuran foto, Penelusuran yang terkait dengan ukuran foto polaroid, ukuran kertas polaroid 25s, membuat bingkai polaroid di photoshop, ukuran foto polaroid di word, foto polaroid adalah, harga cetak foto polaroid, ukuran foto polaroid landscape, bahan kertas polaroid, cara membuat polaroid di android,

No comments:

Post a Comment